Langkah-Langkah untuk Menggapai Derajat Haji Mabrur

Bisa menggapai derajat mulia sebagai haji mabrur adalah idaman setiap muslim. Semua tamu Allah yang berangkat ke Tanah Suci inginmendapatkannya. Sayangnya, banyak hal bisa menggagalkan seseorang untuk merasakan nikmatnya haji mabrur. Nah, langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk meraihhaji mabrur dan membuat ibadah haji ini semakin mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta? Mari kita bahas.

Secara umum, seseorang dinilai hajinya mabrur jika setelah melaksanakan ibadah haji, akhlak dan ibadahnya terlihat jauh lebih baik daripada sebelumnya. Apa saja yang harus kita lakukan agar ibadah haji kita menjadi mabrur?

Langkah-Langkah untuk Menggapai Derajat Haji Mabrur

Langkah-Langkah untuk Menggapai Derajat Haji Mabrur / Umroh Backpacker

  • Segala sesuatu harus selalu dimulai dengan niat yang baik. Niatkanlah untuk ikhlas berhajisemata-mata demi mengharapkan rida Allah Swt. Jangan sedikit pun terbersit rasa ria di hati Anda.
  • Tunaikanlah ibadah haji dengan rezeki yang halal. Karena Allah itu thoyyib(baik), sehingga Dia tidak akan menerima sesuatu kecuali dari yang baik. Segala biaya yang digunakan untuk menjalankan ibadah ini, harus berasal dari harta yang bersih.
  • Jauhkanlah diri Anda dari maksiat, bidah, dosa, dan berbagai hal yang menyalahisyariat. Amalsaleh seseorang bisa gugurjika melakukan hal-hal di atas.
  • Selalu bersikap lembut; berakhlak mulia; rendah hati dalam berbagai keadaan, seperti ketika bergaul, berada di tempat umum, dan sebagainya. Setiap jemaah harus mampu menjaga lisan, janganberbantah-bantahan, berbuat fasik, dan mengeluarkan perkataan yang merangsang nafsuberahi.
  • Selalu mengagungkan syiar Allah. Setiap jamaah haji harus menunaikan segala aktivitas haji dengan tenang dan tidak tergesa-gesa, baik dalam perkataan maupun tindakan. Masa haji adalah waktu yang mulia. Jadi manfaatkanlah kesempatan itu untuk memperbanyak ibadah dan berzikir.
  • Memiliki tekad kuat untuk mencapai haji mabrur. Jemaah haji harus yakin akan kemurahan Allah Swt.
  • Tunaikanlah ibadah dengan bersikap ihsan. Artinya,menghadirkan dan menyadari di dalam hati, bahwa Allah selalu mengamati segala gerak-gerik kita dalam setiap waktu dan di mana pun kita berada.
  • Melakukan perbuatan baik sebanyak mungkin, selama perjalanan dan saat menunaikan ibadah haji. Berikanlah pertolongan dengan ikhlas dan dahulukanlah kepentingan umum.
  • Bersikap sabar dan banyak memanjatkan syukur. Dalam menjalankan ibadah ini, mungkin ada kondisi yang membuat Anda tidak nyaman, misalnya cuaca yang ekstrem. Anda harus mampu menyikapinya dengan sabar. Selain itu, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala kenikmatan dan anugerah yang senantiasa diberikan Allah.
  • Tunaikanlah ibadah haji berdasarkan ilmu manasik, dengan mengikuti tuntunan Rasullullah Saw. Jalani ibadah ini dengan penuh penghayatan, karena terkandung hikmat besar di dalamnya.

    Langkah-Langkah untuk Menggapai Derajat Haji Mabrur

    Langkah-Langkah untuk Menggapai Derajat Haji Mabrur / Umroh Backpacker

Seseorang yang berhasil menjadi haji mabrur, ditandai dengan perilaku yang lebih baik dalam kehidupannya. Ucapan lisannya semakin santun, perbuatannya semakin terpuji dan semakin giat dalam beribadah. Itu merupakan beberapa pertanda kalau keberadaannya di Tanah Suci, tidak sekadar untuk mengejar titel “haji” semata.

Ibadah haji dijadikan sebagai awal pembuka lembaran baru, bagi yang ingin menggapai mabrur. Sehingga bisa mendapatkan rida dari Sang Pencipta. Melakukan taubat, mengubah dirinya menjadi pribadi lebih baik, menjadikan hatinya semakin bersih dan lembut, merupakan tanda-tanda yang terlihat dari haji mabrur. Mereka semakin mantap dalam beribadah dan melakukan kebaikan.

Langkah-Langkah untuk Menggapai Derajat Haji Mabrur

Langkah-Langkah untuk Menggapai Derajat Haji Mabrur / Umroh Backpacker

Jadi sepulang dari menunaikan ibadah haji, seseorang pulang dalam kondisi zuhud atau lebih mencintai akhirat, daripada urusan duniawi. Segala perbuatan buruk yang telah dilakukannya sebelum beribadah haji, tidak akan diulanginya lagi. Inilah salah satu tanda, kalau ibadah hajinya diterima Allah Swt.

Setiap jemaah ingin hajinya mabrur, sayangnya tidak semuanya menjalankan ketentuan, yang telah ditetapkan oleh Allah Swt. Penilaian “mabrur”, hanya Allah yang mengetahuinya. Namun, melalui perangai dan tindakan, bisa terlihat bagaimana pengaruh ibadah haji terhadapnya.

Langkah-Langkah untuk Menggapai Derajat Haji Mabrur

Langkah-Langkah untuk Menggapai Derajat Haji Mabrur / Umroh Backpacker

Terus berdoa agar ibadah haji bisa diterima adalah upaya yang wajib dilakukan. Kalau berbagai tanda kebaikan telah Anda peroleh, harus terus memanjatkan syukur, atas segala taufik yang dikaruniakan oleh Allah. Kalau berbagai tanda haji mabrur tidak terlihat, maka harus rajin memperbaiki amalan dan mawas diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *