Yuk, Baca Fakta Menarik tentang Umroh Backpacker Berikut!

Mungkin istilah “backpacker” sudah sangat sering Anda dengar. Backpacker merupakan istilah yang sering digunakan untuk menyebut para pencinta kegiatan travelling namun memiliki bujet yang minim. Ciri khas seorang backpacker biasanya adalah menggunakan tas ransel (backpack) dan dengan pakaian yang seadanya.

Tapi tahukah Anda apa itu umroh backpacker? Umroh backpacker yang dimaksud di sini adalah kegiatan melakukan umroh secara personal atau grup tanpa melalui agen perjalanan di Indonesia. Yuk simak ulasan berikut. Ada fakta-fakta menarik mengenai umroh backpacker:

Visa Umroh Merupakan Hal Paling Utama

Visa Umroh Merupakan Hal Paling Utama

Visa Umroh Merupakan Hal Paling Utama / Umroh Backpacker / Pinterest

Betul sekali. Tanpa visa umroh, Anda tidak akan bisa memasuki Arab Saudi. Mendapatkan visa ini merupakan hal yang cukup sulit. Para backpacker harus mencari agen perjalanan tepercaya yang bisa mengurus visa. Dan satu hal yang harus Anda ketahui, visa umroh tidak dikeluarkan sebulan setelah Lebaran sampai dengan bulan akhir Safar (Bulan kedua dalam kalender Islam).

Umroh Itu Cuma untuk Orang Kaya? Tidak Jika dengan Umroh Backpacker

Umroh Itu Cuma untuk Orang Kaya? Tidak Jika dengan Umroh Backpacker

Umroh Itu Cuma untuk Orang Kaya? Tidak Jika dengan Umroh Backpacker

Zaman sekarang, Anda bisa pergi ke Tanah Suci dengan biaya yang murah. Anda yang tidak memiliki banyak uang, tidak perlu khawatir lagi. Jika Anda ingin melaksanakan umroh, ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan dengan uang yang jumlahnya terbatas, salah satunya adalah dengan mencari tiket promo.

Tiket promo atau tiket rombongan umroh akan sangat membantu Anda untuk menghemat biaya. Selain itu, untuk pemesanan hotel pun, Anda bisa mendapatkan harga murah tanpa melakukan pemesanan lewat agen perjalanan Indonesia, tetapi melalui Booking.com atau Agoda.com

Jadi masih berpikir bahwa umroh hanya untuk orang kaya? Setelah Anda membaca sedikit ulasan tadi, kini Anda tahu bahwa itu tidaklah benar.

Ajang Menambah Teman

Ajang Menambah Teman

Ajang Menambah Teman / Umroh Backpacker / Pinterest

Anda salah jika menduga bahwa mendapatkan teman untuk pergi umroh dengan cara backpacker itu sulit. Karena menurut koordinator backpacker sendiri, rata-rata teman backpacker umroh adalah teman yang siap membantu Anda kapan pun, di mana pun, dan dalam hal apapun. Bahkan, mereka tak sungkan untuk meminjamkan kartu kredit untuk membeli tiket pesawat! Hal ini karena selain para backpacker ini berasal dari negara yang sama, mereka juga merasa senasib sepenanggungan, sehingga rasa kekeluargaan yang ada di antara mereka sangat kuat.

Latar belakang yang sama inilah yang sering menjadi dasar dibentuknya komunitas-komunitas umroh backpacker. Jadi, umroh backpacker juga merupakan ajang yang tepat untuk menambah jaringan pertemanan Anda.

Kesempatan untuk Pergi ke Negara Lain

Kesempatan untuk Pergi ke Negara Lain

Kesempatan untuk Pergi ke Negara Lain / Umroh Backpacker / Pinterest

Lho, bagaimana bisa pergi ke negara lain? Katanya backpacker itu untuk mengirit biaya? Coba simak ulasan berikut. Ternyata biaya tiket yang mahal akan membuat Anda merasa rugi jika hanya berkunjung ke Tanah Suci.

Bayangkan saja, biaya yang dibutuhkan untuk melakukan umroh backpacker murni saja sekitar Rp12.000.000,00 – Rp13.000.000,00. Jika Anda akan pergi berlibur ke negara seperti Turki, Dubai, atau negara tetangga Arab Saudi lainnya, Anda pasti akan membutuhkan biaya yang tidak jauh dari biaya umroh tadi. Kalau harus dua kali bolak-balik, tentu itu akan sangat menghabiskan biaya. Jadi lebih baik Anda pergi setelah melaksanakan umroh.

Hal ini sangat disarankan bagi Anda yang sedang membutuhkan refreshing. Masa setelah umroh merupakan kesempatan yang bagus bagi Anda untuk bisa mendapatkan bonus bermain ke negara tetangga seperti halnya Dubai atau Turki. Dengan menaiki pesawat sekali, Anda akan mendapatkan bonus untuk bisa berkunjung ke negara di sekitarnya. Sekali jalan, dua tiga pulau terlampaui, begitulah kata peribahasa.

Membuat Anda Merasa Lebih Bebas

Membuat Anda Merasa Lebih Bebas

Membuat Anda Merasa Lebih Bebas / Umroh Backpacker / Pinterest

Yap hal ini ada benarnya! Mengapa demikian? Karena Anda bebas menentukan jadwal tanpa terikat dengan agen perjalanan. Dengan begitu, Anda bisa tinggal lebih lama di Mekkah, sehingga ibadah Anda akan lebih khusyuk tidak terganggu. Selain itu, Anda juga bisa memiliki waktu lebih lama untuk memilah dan membeli oleh-oleh.

Hanya untuk Anak Muda

Hanya untuk Anak Muda

Hanya untuk Anak Muda / Umroh Backpacker / Pinterest

Mengapa umroh backpacker lebih disarankan untuk anak muda dan tidak disarankan untuk orang tua yang sudah berusia lanjut? Anak muda cenderung memiliki kondisi fisik yang lebih sehat dibandingkan orang tua, sehingga memudahkan mereka untuk pergi wira-wiri ke tempat yang akan dituju saat umroh. Oleh karena itu, jika Anda ingin membawa nenek atau kakek Anda ikut serta dalam umroh, lebih baik Anda menggunakan agen perjalanan resmi saja, untuk memudahkan orang tua agar bisa melakukan ibadah umroh dengan khusyuk dan tetap terjaga kesehatannya.

Mudah Mencari Rute

Mudah Mencari Rute

Mudah Mencari Rute / Umroh Backpacker / Pinterest

Di zaman seperti sekarang, tentu Anda tidak perlu khawatir tersesat. Anda bisa menggunakan jasa muthawif atau guide. Memang dibutuhkan biaya lebih, yaitu sekitar 150-300 SAR per hari, namun mereka tidak selalu standby. Mereka ada hanya untuk momen-momen penting seperti saat penjemputan, tur, dan rangkaian kegiatan umroh resmi lainnya .

Pergi Umroh Backpacker dari Negara Lain dengan Tiket Lebih Murah

Pergi Umroh Backpacker dari Negara Lain dengan Tiket Lebih Murah

Pergi Umroh Backpacker dari Negara Lain dengan Tiket Lebih Murah / Umroh Backpacker / Pinterest

Negara-negara seperti Singapura, Thailand, Hongkong, dan Filiphina biasanya memiliki harga tiket pesawat relatif lebih murah dibandingkan tiket langsung dari Jakarta ke Jeddah. Seorang backpacker umroh pernah menyaksikan sendiri, orang yang melakukan cara ini hanya menghabiskan biaya pesawat sebesar Rp5.000.000. Namun jika Anda kesulitan untuk pergi ke negara-negara tersebut, maka tunggulah tiket promo untuk menghemat biaya.

Umroh Backpacker = Belajar Mandiri

Umroh Backpacker = Belajar Mandiri

Umroh Backpacker = Belajar Mandiri / Umroh Backpacker / Pinterest

Perjalanan yang ditempuh oleh seorang umroh backpacker bukanlah perjalanan yang mudah. Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama, karena pesawat yang biasanya dipilih oleh umroh backpacker harus transit di beberapa negara. Tiket yang didapatkan seorang umroh backpacker biasanya adalah tiket promo yang harganya lebih murah. Tiket murah menyebabkan rute perjalanan hanya menempuh jarak-jarak pendek, tidak bisa langsung ke Arab Saudi. Terkadang, para calon jemaah harus terpaksa menginap di bandara yang menjadi tempat transit mereka.

Selain itu, dalam umroh backpacker juga Anda harus menyiapkan kebutuhan konsumsi sendiri, karena Anda tidak menggunakan jasa agen perjalanan. Selain itu, lokasi hotel yang akan Anda dapatkan jika tidak menggunakan jasa agen perjalanan biasanya berlokasi cukup jauh dari pusat kota Mekkah. Hal ini menyebabkan Anda harus siap untuk berjalan kaki, atau Anda harus mencari informasi mengenai transportasi yang akan memudahkan Anda menuju ke Masjidil Haram.

Kedua hal di atas tentu akan membuat Anda menjadi lebih mandiri dan lebih berani. Jadi jangan khawatir, terlebih lagi karena Anda memiliki teman seperjalanan. Ambil sisi positifnya saja.

Itulah fakta-fakta menarik mengenai umroh backpacker. Sangat mudah bukan, melakukan umroh walaupun tanpa bantuan agen perjalanan umroh? Anda yang sangat suka travelling, khususnya kawula muda, cobalah pergi berumroh dengan cara backpacker ini. Apalagi biasanya kaum muda memiliki stamina dan tenaga yang masih kuat. Jadi bagi Anda yang merasa masih muda, masihkah Anda ragu untuk mencoba umroh backpacker?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *