Dua Golongan Jamaah Haji/Umroh di Tanah Suci (Kurang Persiapan atau Penuh Persiapan – Anda Termasuk  yang Mana?)

haji umroh
haji umroh

Haji dan umroh, sebuah ibadah istimewa yang tidak semua orang berkesempatan untuk melakukannya. Sekiranya kesempatan itu tiba kepada Anda, akankan Anda mempersiapkan diri dengan baik? Cuaca panas yang menyengat, kerumunan manusia, serta ribuan langkah yang harus ditempuh, sanggupkah Anda menjalankannya dengan nikmat selayaknya berjalan-jalan di Disney World?

Ada dua golongan jamaah haji/umroh yang bisa kita lihat di Tanah Suci. Golongan pertama adalah mereka yang tidak mempersiapkan dirinya dengan baik, yang dalam kondisi sulit akan cepat panik, menyalahkan keadaan, serta mengeluhkan segala hal yang terjadi. Sedangkan golongan kedua adalah mereka yang penuh persiapan, yang jika ditempa kesulitan bisa bersikap lebih tenang, penuh perhitungan, dan tahu benar apa yang harus dilakukan.

Persiapan Mental ketika Haji/ Umroh di Tanah Suci

Persiapan Mental ketika HajiUmroh di Tanah Suci
Persiapan Mental ketika HajiUmroh di Tanah Suci

Banyak hal tak terduga yang bisa terjadi saat Anda beribadah di Tanah Suci. Untuk itu, lakukanlah 3 hal penting di bawah ini agar ibadah haji Anda bisa berjalan lancar dan khusuk.

1. Persiapkan segala sesuatunya dengan baik. Mengenal medan pertempuran merupakan setengah dari pertempuran itu sendiri. Anda tahu betul apa yang akan dihadapi, bisa mengantisipasi bagaimana caranya agar bagasi Anda tidak hilang, tahu berapa banyak barang yang harus dibawa untuk berjalan kaki belasan kilometer, serta paham betul ke mana harus mencari bantuan jika terjadi chaos.

2. Berusahalah untuk lebih sabar. Anda tidak bisa tenggelam dalam kondisi stres. haji/umroh akan banyak menguji kesabaran dan keihklasan. Yakinlah Anda bisa melewatinya dengan sabar dan hati yang lapang.

3. Semoga dengan tersenyum suasana hati bisa membaik dan Anda bisa mendapatkan kekuatan tambahan untuk menjalankan seluruh ibadah dengan sebaik-baiknya.

Persiapan Fisik Sebelum Berangkat Beribadah Haji/Umroh

Persiapan Fisik sebelum Berangkat Beribadah Haji/Umroh
Persiapan Fisik sebelum Berangkat Beribadah Haji/Umroh

Ada hal-hal sederhana di luar ritual ibadah, yang kadang tidak terpikirkan dan kerap menyebabkan kepanikan dan memengaruhi suasana hati Anda saat beribadah. Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui apa dan bagaimana mengatasi permasalahan tersebut.

Toilet/ Kamar Mandi

Toilet/ Kamar Mandi
Toilet/ Kamar Mandi

Toilet umum di sekitar tempat ibadah di Tanah Suci biasanya kondisinya tidak cukup baik. Sebaiknya hindari menggunakan toilet umum, gunakanlah kamar mandi hotel atau tempat menginap sebelum berangkat beraktivitas. Berikut adalah beberapa hal tentang toilet/kamar mandi di Tanah Suci:

  • Di mana pun Anda berada, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah pergi ke kamar mandi. Ini untuk mengantisipasi keinginan buang air kecil saat Anda tengah beribadah.
  • Toilet duduk biasanya terletak di ujung paling kiri atau kanan dari jajaran bilik toilet lainnya.
  • Toilet jongkok lebih higienis dibandingkan toilet duduk.
  • Usahakan untuk tidak terlalu lama berada di kamar mandi. Anda tentunya tidak ingin menjadi alasan orang lain terlambat salat atau tertinggal dari rombongannya.
  • Untuk menghindari terlalu sering ke toilet, banyak orang mengurangi asupan cairan. Hal ini justru tidak dianjurkan, karena bisa menyebabkan dehidrasi.
  • Sabun yang disediakan di hotel biasanya mengandung pewangi, jangan digunakan ketika Anda sedang melakukan ihram.

Cucian/ Pakaian Kotor

Cucian/ Pakaian Kotor
Cucian/ Pakaian Kotor

Untuk mengatasi pakaian kotor, Anda bisa menggunakan laundry otomatis yang ada di sekitar tempat menginap atau di hotel. Atau di tempat menginap, biasanya ada pekerja kebersihan yang kerap menawarkan jasa mencuci. Hal tersebut bisa meringankan Anda, dibandingkan jika Anda mencucinya sendiri.

Jangan lupa membawa tas plastik untuk memisahkan pakaian kotor. Khusus untuk pakaian dalam, gunakan pakaian dalam sekali pakai untuk memudahkan kegiatan Anda tanpa harus kerepotan mencuci pakaian dalam dan menjemurnya di kamar hotel.

Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Perempuan Selama Berhaji dan Umroh

26th January 2016

Amalan-Amalan Sederhana Saat Haji/ Umroh

26th January 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *