Definisi Umroh Backpacker

Pastinya kita sudah sering mendengar istilah backpacker yang identik dengan para pelancong muda dengan tas besar yang berkeliling dunia mengandalkan uang seadanya. Bagaimana dengan umroh backpacker, sudah pernah dengar? Pengertian umroh backpacker sendiri adalah umroh yang dilakukan secara personal atau kelompok tanpa melalui agen perjalanan resmi. Memungkinkan? Ya, tentu saja. Jalan menuju Mekkah tidak hanya satu, kan?

Kenapa memilih umroh backpacker? Tentunya selain pertimbangan biaya yang lebih murah, bagi Anda yang menyukai petualangan, cara backpacker akan lebih menantang ketimbang menggunakan jasa agen perjalanan. Nah, cara-cara seperti apa saja yang memenuhi definisi umroh backpacker ala orang Indonesia?

Berburu Tiket Promo dari Negara dengan Mayoritas umat Islam

Berburu Tiket Promo dari Negara dengan Mayoritas umat Islam
Berburu Tiket Promo dari Negara dengan Mayoritas umat Islam / Umroh Backpacker / Pinterest

Cara ini bisa relatif hemat jika Anda beruntung menemukan tiket promo, meski biasanya tiket promo tersebut diperuntukkan untuk penerbangan pada tahun yang akan datang.

Perjalanan umroh backpacker memang tidak bisa seratus persen murni seperti backpacker ke negara lain. Karena umroh backpacker tidak bisa dilaksanakan jika tidak ada campur tangan pihak ketiga, seperti jaminan keluarga. Jumlah biaya juga bisa ditekan secara signifikan jika Anda bisa menemukan rombongan yang ingin melakukan umroh backpacker ini bersama-sama.

Berbeda dengan umroh yang menggunakan jasa agen perjalanan, umroh backpacker ini mengharuskan pesertanya untuk lebih aktif mencari informasi mengenai situasi di Tanah Suci. Jika Anda berniat melakukan umroh backpacker, mulailah mencari informasi mengenai situasi dan kondisi di Tanah Suci, karena sebagai seorang  backpacker mutlak harus memiliki pengetahuan yang cakap terhadap tempat yang hendak dikunjungi.

Umroh Backpacker Melalui Negara dengan Penduduk Islam Minoritas dan Bebas Visa bagi Indonesia

Umroh Backpacker Melalui Negara dengan Penduduk Islam Minoritas dan Bebas Visa bagi Indonesia
Umroh Backpacker Melalui Negara dengan Penduduk Islam Minoritas dan Bebas Visa bagi Indonesia / Umroh Backpacker / Pinterest

Contoh negara yang bisa digunakan adalah Singapura, Thailand, Filipina, dan Hongkong. Tiket menuju Jeddah dari negara-negara tersebut biasanya relatif lebih murah dibandingkan tiket langsung dari Jakarta. Menggunakan penerbangan dengan banyak transit juga bisa lebih menghemat biaya perjalanan. Soal land arrangement bisa berkisar $350-$600, tergantung jumlah orang di dalam rombongan.

Menggunakan Visa Visit atau Visa Ziarah Saudi Arabia

Menggunakan Visa Visit atau Visa Ziarah Saudi Arabia
Menggunakan Visa Visit atau Visa Ziarah Saudi Arabia / Umroh Backpacker / Pinterest

Cara ini hanya bisa Anda lakukan jika Anda memiliki keluarga yang bekerja dan menetap di Saudi Arabia. Keluarga Anda yang menetap di Saudi Arabia bisa mengundang Anda untuk berkunjung. Dengan menggunakan tiket promo, perjalanan Anda bisa lebih murah dan menyenangkan.

Umroh Backpacker Melalui Negara-Negara Teluk

Umroh Backpacker Melalui Negara-Negara Teluk
Umroh Backpacker Melalui Negara-Negara Teluk / Umroh Backpacker / Pinterest

Jika ada di antara anggota keluarga Anda yang memiliki pekerjaan bonafide di negara Teluk, cara ini bisa Anda gunakan. Anda bisa mengurus visa umroh dari negara teluk dengan anggota keluarga Anda tersebut sebagai penjaminnya. Anda bisa menghabiskan sekitar tiga juta rupiah untuk land arrangement dan visa umroh, dan sekitar satu juta rupiah untuk tiket promo Jakarta-Manila-Dubai pulang pergi.

Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Saudi Arabia

Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Saudi Arabia
Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Saudi Arabia / Umroh Backpacker / Pinterest

Ya, cara ini adalah cara jitu dengan biaya relatif murah untuk melaksanakan ibadah umroh di Tanah Suci. Dengan menjadi pekerja, Anda akan mengeluarkan biaya untuk umroh tidak sampai satu juta rupiah. Oleh sebab ini juga, meskipun mungkin gaji yang diterima tidak terlalu besar, tapi orang Indonesia masih berbondong-bondong datang ke Arab Saudi untuk bekerja.

Bekerja di Negara Teluk (GCC)

Bekerja di Negara Teluk (GCC)
Bekerja di Negara Teluk (GCC) / Umroh Backpacker / Pinterest

Menjadi pekerja di negara-negara teluk seprti Oman, UAE, Qatar, Bahrain, dan Kuwait akan memberikan Anda akses untuk melakukan umroh backpacker. Cukup merogoh kocek sekitar tiga juta rupiah, Anda sudah bisa melaksanakan umroh.

Punya tambahan cara backpacker yang masih memenuhi definisi umroh backpacker ala Indonesia? Silakan tambahkan ya.

Cara Membuat Passport Indonesia

14th December 2015

Tanya Jawab Visa Umroh

14th December 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *