Tips untuk Memahami Cara Menambah Nama di Paspor Anda

Anda mau jadi umroh backpacker? Pastikan semua yang dibutuhkan sudah siap. Hal paling utama yang harus disiapkan saat hendak menjadi umroh backpacker adalah visa dan paspor. Apa itu visa dan paspor? Visa merupakan izin atau persetujuan memasuki negara lain, atau izin tinggal di negara lain yang berwujud cap dan paraf yang dibubuhkan oleh pejabat perwakilan yang bersangkutan pada paspor pemohon.  Sedangkan paspor adalah surat yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk seorang warga negara yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri.

Tips untuk Memahami Cara Menambah Nama di Paspor Anda

Tips untuk Memahami Cara Menambah Nama di Paspor Anda

Semakin hari, zaman semakin berkembang, begitu juga dengan segala kebijakan yang terus mengalami perkembangan. Kebijakan dan peraturan sangat erat kaitannya dalam pembuatan paspor. Pemerintah Kedutaan Arab Saudi sendiri memiliki peraturan yang cukup ketat untuk permohonan visa umroh atau visa haji yang selalu berubah mengikuti perkembangan zaman.

Seorang umroh backpacker perlu memerhatikan prosedur pembuatan visa dan paspor. Pembuatan paspor sendiri memiliki syarat bahwa nama tidak boleh kurang dari tiga kata. Kebijakan ini tidak bermaksud menyulitkan Anda, tetapi untuk mempermudah identifikasi orang di Arab Saudi nanti, mengingat jemaah yang berkunjung ke sana saat umroh dan haji sangatlah banyak.

Tips untuk Memahami Cara Menambah Nama di Pasport Anda

Tips untuk Memahami Cara Menambah Nama di Pasport Anda / Umroh Backpacker / Pinterest

Bagi Anda yang merasa belum melengkapi persyaratan yang diberikan oleh Pemerintah Kedutaan Arab Saudi, berikut ini ada beberapa tips cara menambah nama di pasporrt Anda untuk melaksanakan umroh atau haji. Tetapi sebelumnya, ada beberapa syarat umum untuk pembuatan atau penambahan nama di paspor, yaitu:
Pastikan Anda sudah membuat paspor walaupun nama Anda hanya terdiri dari satu atau dua kata.
Siapkan KTP, Kartu Keluarga (KK), dan akta kelahiran asli.
Isi formulir penambahan nama di Kantor Imigrasi setempat.
Siapkan surat keterangan akan melaksanakan ibadah umroh atau haji. Hal ini merupakan pilihan, karena tidak semua kantor imigrasi menanyakan hal ini. Tapi sebaiknya Anda siapkan saja.

Prosedur Pembuatan atau Penambahan Nama di Paspor untuk Umroh dan Haji:

Tips untuk Memahami Cara Menambah Nama di Pasport Anda 3

Tips untuk Memahami Cara Menambah Nama di Pasport Anda / Umroh Backpacker / Pinterest

Untuk penambahan nama pada paspor Anda, sekarang tidak perlu repot dahulu, Anda harus datang pagi-pagi sekali agar tidak perlu mengantre terlalu lama. Tapi sekarang, tidak lagi seperti itu, karena loket yang digunakan untuk pembuatan paspor dan loket untuk penambahan nama adalah loket yang berbeda. Jadi, jika Anda sudah mempersiapkan paspor yang terdiri dari satu kata, maka Anda tidak perlu khawatir untuk mengantre terlalu lama dalam penambahan nama.

Isilah formulir penambahan nama dan siapkan materai 6. Lengkapilah data Anda dengan meminta data kepada petugas Data Center Imigrasi, seperti salinan KTP, Kartu Keluarga, dan akta kelahiran.
Masukkan semua berkas yang telah Anda lengkapi ke dalam map, lalu berikan kepada petugas loket penambahan nama. Prosedur selanjutnya akan dilakukan oleh petugas.
Bagaimana dengan surat keterangan melaksanakan umroh atau haji? Ternyata pembuatan paspor sudah tidak membutuhkan surat tersebut. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkannya untuk berjaga-jaga.

Tips untuk Memahami Cara Menambah Nama di Pasport Anda

Tips untuk Memahami Cara Menambah Nama di Pasport Anda / Umroh Backpacker / Pinterest

Itulah beberapa cara menambah nama di pasport. Cara menambah nama di pasporrt tidak sesulit yang terlihat, bukan? Manfaatkanlah segala kemajuan teknologi yang ada di sekitar kita dengan bijak, untuk mempermudah Anda dalam mengakses informasi, khususnya yang berhubungan dengan persiapan umrah backpacker Anda.Selamat mencoba tips-tips di atas untuk Anda para backpacker yang sedang mempersiapkan kebutuhan untuk umroh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *