Apa Itu Land Arrangement Umroh Backpacker?

Apa sih land arrangement umroh backpacker itu? Untuk Anda pencinta travelling, hal ini mungkin bukanlah hal yang asing. Namun untuk Anda para pemula, Anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini kami akan membahasnya.

Land arrangement atau biasa disingkat LA, merupakan pengurusan segala hal yang berkaitan dengan keperluan seseorang yang melaksanakan ibadah haji atau umroh selama berada di Tanah Suci. Dimulai dari penjemputan saat tiba di Arab Saudi (baik melalui Bandara King Abdul Aziz Jeddah terminal haji, terminal internasional, ataupun Terminal Saudia), pengurusan dalam penggunaan transportasi, penyediaan akomodasi, hingga konsumsi yang dibutuhkan oleh jamaah umroh/haji selama berada di Tanah Suci.

Ada istilah lain yang unik untuk LA ini, yaitu paket jed to jed, yang merupakan singkatan dari “Jeddah to Jeddah.” Istilah ini diberikan karena banyaknya pesawat yang hendak ke Arab Saudi landing di Jeddah.

Setelah mengetahui pengertian dari land arrangement, Anda harus mengetahui bagaimana standar paket land arrangement umroh backpacker. Berikut hal yang secara umum terdapat pada Paket LA:

Penjemputan ketika tiba pertama kali di Arab Saudi
Handling bandara/mengontrol bandara

Mengontrol yang dimaksud di sini adalah memastikan bandara dalam kondisi aman, serta jadwal kedatangan maupun kepulangan sudah tercatat jelas.

Transportasi selama di Arab Saudi
Transportasi dalam paket LA merupakan transportasi standar dengan rute:

  • Bandara Jeddah ke Madinah
  • Madinah ke Mekkah
  • Mekkah ke Bandara
  • Tur Kota Mekkah
  • Tur Kota Madinah

Konsumsi

Konsumsi
Konsumsi / Umroh Backpacker / www.munatour.co.id

Konsumsi disajikan dalam berbagai bentuk, di antaranya:

Welcome food
Makanan ini diberikan ketika jamaah baru keluar dari area bandara.

Makanan prasmanan
Setiap orang diberi kesempatan makan 3x sehari dengan menu prasmanan masakan Indonesia.

Pelengkap
Teh, kopi, susu, roti, dan selai, serta banyak lagi yang dapat dijadikan sebagai pelengkap nasi di waktu sarapan.

Camilan dan air mineral
Makanan ini biasanya diberikan pada saat city tour (Mekkah ke Madinah ataupun Mekkah ke Jeddah).

Akomodasi

Akomodasi
Akomodasi / Umroh Backpacker / saibah.net

Biasanya berupa tempat penginapan atau tempat tinggal sementara.

Zam-Zam 10 liter

Zam-Zam 10 liter
Zam-Zam 10 liter / Umroh Backpacker / www.hariandepok.com

Pada umumnya, setiap orang mendapatkan jatah yang sama pada paket LA, yaitu sebanyak 10 liter. Biasanya orang menggunakan jatah air ini sebagai oleh-oleh, tetapi tidak sedikit juga yang menggunakannya untuk konsumsi pribadi di tanah air.

Muthawif selama Rangkaian Kegiatan

Muthawif selama Rangkaian Kegiatan
Muthawif selama Rangkaian Kegiatan / Umroh Backpacker / www.rafiqjauhary.com

Muthawif merupakan guide atau pemandu yang akan membimbing Anda selama kegiatan berlangsung. Namun, pemandu ini tidak selalu hadir, hanya ada dalam acara tertentu saja.

Muthawifah bagi Jemaah Perempuan

Muthawifah bagi Jemaah Perempuan
Muthawifah bagi Jemaah Perempuan / Umroh Backpacker / www.harianpilar.com

Paket LA biasanya juga menyediakan muthawifah bagi Jemaah perempuan untuk memandu saat di Raudhah. Raudhah adalah tempat di antara mimbar dan kuburan Nabi Muhammad Saw. Luasnya yang terbatas membuat orang yang ingin merasakan nikmatnya taman surga ini harus mengantre dan berdesak-desakan. Muthawifah diperlukan karena pintu masuk untuk kaum adam dan hawa berbeda. Pintu masuk untuk muslimah disebut pintu Babun Nisa. Pintu ini memiliki jam-jam tertentu yang tidak bisa diakses 24 jam seperti pintu untuk pria.

Pengurusan Kesehatan dan Keselamatan Jamaah

Pengurusan Kesehatan dan Keselamatan Jamaah
Pengurusan Kesehatan dan Keselamatan Jamaah / Umroh Backpacker / www.superbridezilla.blogspot.com

Pelayanan pada paket LA dalam bidang kesehatan, seperti saat Anda sakit dan harus dibawa ke rumah sakit terdekat, maka Anda akan segera dibantu dalam pengurusannya. Selain itu, mereka juga akan membantu dalam pengurusan jika paspor Anda hilang. Pengeluaran dalam hal-hal seperti tersebut di atas akan dibebankan kepada jemaah/ahli waris, tetapi dalam paket LA umroh backpacker, biaya dapat dikurangi dari beberapa item seperti pos, makan, camilan, muthawif, dan sebagainya.

Itulah paket yang umumnya disediakan dalam land arrangement umroh backpacker. Bagaimanakah cara pengajuaanya? Anda hanya perlu mendata berapa banyak rombogan Anda serta segala sesuatu yang Anda butuhkan. Selamat mencoba. Pastikan agen perjalanannya tepercaya, dan jangan lupa bandingkan biayanya dengan teliti.

Manasik Haji dan Manfaatnya Bagi Calon Jemaah Haji

10th December 2015

Cara Membuat Passport Indonesia

10th December 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *