6 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Tanah Suci Selagi Muda

Ada asumsi di tengah masyarakat kita, bahwa berangkat ke Tanah Suci adalah hal yang wajib dilakukan oleh mereka yang telah lanjut usia dan berilmu agama yang sudah cukup. Padahal sejatinya, perintah untuk melaksanakan ibadah haji diwajibkan untuk semua umat Islam yang telah mampu melakukannya—bukan hanya umat-Nya yang telah berumur. Asumsi ini mendorong banyak anak muda cenderung berlomba-lomba untuk mengunjungi tanah Eropa atau negeri ginseng ketimbang menyambangi tanah Tuhannya. Jika ditelaah lebih jauh, ketika seseorang di usia yang masih prima memutuskan untuk mengunjungi Mekkah, akan lebih banyak keuntungan yang akan dia peroleh dibandingkan ketika dia menunggu dirinya menjadi renta, karena ibadah haji dan umroh ini memerlukan kekuatan fisik yang prima.

Masa sih? Tidak percaya? Simak ulasan 6 alasan kenapa kamu harus ke Tanah Suci selagi muda berikut ini:

Staminamu Masih kuat, karena ke Tanah Suci bukan cuma soal Niat

Staminamu Masih kuat, karena ke Tanah Suci bukan cuma soal Niat
Staminamu Masih kuat, karena ke Tanah Suci bukan cuma soal Niat / Umroh Backpacker / Pinterest

Berbeda dengan ziarah biasa, berangkat ke Tanah Suci—baik umroh maupun haji—membutuhkan kondisi fisik dan mental yang prima. Perjalanan dari tanah air menuju Madinah kemudian ke Mekkah memakan waktu yang tidak sebentar dan tentu saja akan menguras tenaga. Di Tanah Suci kamu juga akan melakukan perjuangan yang tidak sedikit: tawaf mengelilingi Kakbah; bolak-balik untuk Sa’i di Bukit Shofa-Marwah; dan berdesakan demi menyentuh Hajar Aswad. Butuh energi yang tidak sedikit, bukan?

Untuk orang yang telah berumur, semua kegiatan tersebut akan terasa sangat berat dibandingkan untuk kamu yang masih muda.

Kamu Punya Kesempatan Lebih untuk Beribadah dengan Menyumbang Tenaga untuk Orang Lain yang Membutuhkan Bantuan

Kamu Punya Kesempatan Lebih untuk Beribadah dengan Menyumbang Tenaga untuk Orang Lain yang Membutuhkan Bantuan
Kamu Punya Kesempatan Lebih untuk Beribadah dengan Menyumbang Tenaga untuk Orang Lain yang Membutuhkan Bantuan / Umroh Backpacker / Pinterest

Di Tanah Suci, kamu akan bertemu dengan orang-orang berumur yang kondisi tubuhnya sudah tidak prima lagi. Kebugaran yang kamu miliki sebagai seorang anak muda akan menjadi modal untukmu melakukan ibadah jenis lain selama kunjunganmu: membantu mereka dengan energi mudamu!

Usia Muda adalah Saat Menentukan Pilihan Jalan Hidup

Usia Muda adalah Saat Menentukan Pilihan Jalan Hidup
Usia Muda adalah Saat Menentukan Pilihan Jalan Hidup / Umroh Backpacker / Pinterest

Kamu yang masih muda, penuh dengan kerisauan dan kegalauan duniawi. Tanah Suci adalah tempat yang paling tepat untukmu  mengadukan segala beban di hati. Kamu bisa berdoa langsung di depan Kakbah, merendahkan diri memohon petunjuk Allah untuk pilihan jalan hidupmu. Tentu lebih baik mendapatkan pencerahan di awal masa mudamu ketimbang ketika kamu sudah lanjut usia.

Jabal Rahmah untuk Kegalauanmu Soal Jodoh

Jabal Rahmah untuk Kegalauanmu Soal Jodoh
Jabal Rahmah untuk Kegalauanmu Soal Jodoh / Umroh Backpacker / Pinterest

Tidak hanya soal masa depan, jodoh adalah hal lain yang mengisi daftar kebimbangan masa muda. Berdoa di Jabal Rahmah adalah solusi jitu untukmu yang galau soal pasangan hidup.

Kamu bisa Melihat Contoh Nyata Konsistensi dalam Beribadah Sehari-Hari

Kamu bisa Melihat Contoh Nyata Konsistensi dalam Beribadah Sehari-Hari
Kamu bisa Melihat Contoh Nyata Konsistensi dalam Beribadah Sehari-Hari / Umroh Backpacker / Pinterest

Di sana, kamu akan melihat para pedagang Arab menunaikan perintah Allah dalam keseharian mereka. Saat azan tiba, mereka akan berhenti berdagang dan akan langsung menunaikan ibadah salat berjamaah sambil meninggalkan dagangan mereka. Konsistensi mereka akan menginspirasimu untuk menjadi hamba-Nya yang terus memperbaiki kualitas ibadah meski godaan duniawi bertebaran di sekitarmu.

Perubahan Positif yang akan Kamu Alami Setelahnya

Perubahan Positif yang akan Kamu Alami Setelahnya
Perubahan Positif yang akan Kamu Alami Setelahnya / Umroh Backpacker / Pinterest

Sepulang dari sana, kamu akan mengalami banyak perubahan positif dan besarnya kekuasaan Allah. Perjuangan melaksanakan ibadah di Tanah Suci akan meningkatkan keimananmu ke level yang baru. Dan karena kamu masih muda, kamu akan punya lebih banyak waktu untuk menerapkan semua perubahan positif yang kamu dapatkan saat ziarah di Tanah Suci.

Umur adalah misteri yang tidak bisa disingkap oleh pengetahuan manusia. Karena itu selagi kita mampu dan memiliki waktu, tentunya lebih baik untuk tidak menunda-nunda ibadah. Bagaimana, masih membutuhkan tambahan alasan kenapa kamu harus ke Tanah Suci selagi muda?

Tips Berburu Tiket Murah Umroh Backpacker

15th December 2015

Memahami Peranan Team Leader Umroh Backpacker

15th December 2015

2 Thoughts on 6 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Tanah Suci Selagi Muda

  1. Assalaamu’alaikum,afwan mau tanya kalau mau umroh, kemudian kita ingin mendapatkan kartu kuning tanpa suntik caranya bagaimana?

    Reply
    • muhammad masyhadi
      setahu saya gak bisa dpt kartu kuning tanpa vaksin(suntik). it slh satu syarat mndptkn visa. vaksin dlu bru dpt kartu kuning.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *